Antilan Purba : Sosok yang Tak Akan Pernah Dilupakan

oleh Muhammad Basir Matondang, mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan

Antilan Purba lahir di Pematangbandar, Simalungun, Sumatera Utara pada 8 Maret 1958. Ia menamatkan SD Hikmah (1972) dan SMP Negeri (1975) di Pematangbandar, serta SMA Negeri di Perdagangan (1979). Ia menyelesaikan studi dari Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FPBS IKIP Medan (sekarang Fakultas Bahasa dan Seni Unimed) dengan skripsi Hubungan Penguasaan Pengetahuan Bahasa dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa SMA, 1984.

Antilan Purba memperoleh gelar Magister Pendidikan Jurusan Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dari Program Pascasarjana (PPs) IKIP Bandung (sekarang UPI Bandung) pada tahun 1955 dengan tesis Kompetensi Komunikatif Lisan Dosen: Studi Kulaitatif Empat Orang Dosen di Dalam Pemakaian Bahasa Indonesia Baku Lisan sebagai Bahasa Pengantar Ceramah di FPBS IKIP Medan.

Selain menjadi dosen, beliau juga aktif dalam kegiatan-kegiatan kebudayaan dan sastra. Karena aktivitas tersebut, beliau sering menjadi pemateri dalam berbagai seminar dan diskusi publik terkait Kebudayaan dan Sastra di Sumatera Utara. Bahkan dalam medio 2009-2011, beliau berperan aktif dalam diskusi-diskusi untuk menggaungkan nama ILMIBSI (Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Budaya dan Sastra se-Indonesia) sebagai salah satu wadah pergerakan mahasiswa di bidang kebudayaan dan sastra. Diskusi yang diadakan oleh Senat Mahasiswa FBS Unimed bersama beliau adalah Seminar Budaya dan Sastra Sumatera Utara, 2009(pasca Rakernas di UNY Yogyakarta). Serta Pembahasan Draft RUU Kebudayaan dan Kurikulum Kebudayaan yang terakumulasi dalam satu makalah yang dipresentasikan di Pertemuan Rapat Kosolidasi Nasional ILMIBSI di UNS Surakarta, 2010. Beliau juga sering mengadakan diskusi dan komunikasi dengan beberapa sastrawan dan budayawan Sumatera Utara di Taman Budaya Sumatera Utara.

Beliau menjadi dosen di jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, FPBS IKIP Medan (sekarang FBS Unimed) sejak tahun 1986. Beliau juga pernah mengajar di SMP dan SMA (1984-1988) di Yayasan Pesantren Modern Adnan dan Yayasan Pendidikan Prof. Dr. Kadirun Yahya,MA.

Sempat dirawat di RSUD Dr. Pirngadi Medan, pada tanggal 24 Februari 2011, tepatnya pukul 23.30, beliau menghembuskan nafas terakhir menghadap Sang Khalik. Beliau merupakan sosok yang tak terlupakan bagi segenap keluarga, sahabat-sahabat, dan mahasiswa Universitas Negeri Medan. Sosok yang humoris ini dimakamkan pada tanggal 25 Februari 2011 setelah sholat Jum’at di Medan, Sumatera Utara.

Jasad boleh berpisah, tetapi semangat beliau jelas tertuang pada setiap karya-karyanya. Hasil Karyanya adalah sebagai berikut :

  • Kompetensi Komunikatif Bahasa Indonesia :Ancangan Sosiolinguistik, USU Press, 1996.
  • Bahasa, Sastra,dan Wacana, USU Press, Medan :1997
  • Kompetensi Komunikatif, Teori dan Terapan dalam Pembelajaran Bahasa dan Penelitian Bahasa, USU Press, Medan 1998.
  • Sastra Indonesia Kontemporer, USU Press, Medan : 2001
  • Pragmatik, USU Press, Medan : 2002
  • Otonomi Budaya, FBS Unimed, 2004
  • Sastra Media Pembentuk Pribadi Berakhlakulkarimah, Laboratorium Sastra, Medan,2004
  • Stilistika, FBS Unimed,2004
  • Teori Sastra Indonesia, FBS Unimed, 2004
  • Kompleksitas Sastra Indonesia, USU Press, Medan : 2007
  • Sastra Bangsa Indonesia, USU Press, Medan :2008
  • Bahasa Indonesia Baku Pemakaiannya dengan Baik dan Benar, USU Press, Medan:2008
  • Politik Sastra Indonesia, USU Press, Medan : 2008
  • Esai Sastra Indonesia, Graha Ilmu, Yogyakarta:2008
  • Stilistika Sastra Indonesia :Kaji Bahasa Karya Sastra, USU Press, Medan :2009
  • Sastra dan Manusia, USU Press, Medan :2009

“…kuhembuskan buih-buih cintaku

hanya kepadamu

yang tegak bagaikan karang

menantang ombak peradaban…”

Semangatmu itu tetap ada…,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s